Ali bin Abi Thalib

23 05 2010

Nama lengkapnya adalah Ali bin Abi Thalib ibn Abdul Muthalib ibn Hasyim Al-Qurasyi Al-Hasyimi, biasa di panggil Abu Hasa. Rasulullah memanggilnya Abu Turab.

Ali adalah putra paman Nabi. Ia sama sekali tidak tercemari dengan noda-noda jahiliyah. Ia adalah anak kecil yang mula-mula masuk Islam, tepatnya dua hari setelah Rasulullah SAW menerima wahyu. Saat itu, ia baru berusia 10 tahun. Ia adalah pertama yang mengorbankan dirinya demi memperjuangkan agama Islam.

Ia termasuk salah satu di antara sahabat yang diberitakan Nabi masuk syurga. Ia pernah ditugaskan untuk membawa panji Rasulullah dalam berbagai peperangan. Rasulullah juga pernah mendelegasikannya untuk membacakan surat Al-Bara’ah di hadapan kaum muslimin pada musim haji tahun 9 H.

Setelah turun firman Allah, “Siapa yang membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), maka katakanlah (kepadanya), “Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.” (Ali Imron : 61), Rasulullah langsung mendo’akan Ali, Fatimah, hasan, dan Husein, dan berkata, “Ya Allah, mereka semua adalah keluargaku.” (HR. Muslim)

Rasulullah pernah berdo’a untuk Ali, “Ya Allah, tetapkanlah lisannya dan bimbinglah hatinya.” (HR. Ahmad At-Tirmidzi).

Pada saat perang Khaibar, Rasulullah mengatakan di hadapan para sahabat, “Besok panji akan kuserahkan kepada orang yang di tangannyalah Allah memberi kemenangan; ia mencintai Allah dan Rasul-Nya; dan Allah dan Rasul-Nya pun mencintainya.” Mendengar ucapan beliau, para sahabat memperbincangkan siapa gerangan orang yang akan diserahi panji oleh beliau. Mereka semua mengharap dirinya menjadi orang yang diserahi panji tersebut. Pagi harinya, Nabi bertanya, “Dimana Ali?” “Ali sedang sakit mata,” jawab mereka. Beliau menyuruh untuk memanggil Ali. Setelah Ali datang, Beliau mengusapkan tangan Beliau ke mata Ali sambil mendo’akan kesembuhannya. Ali benar-benar sembuh seolah ia tidak pernah sakit mata. Kemudian beliau menyerahkan panji kepadanya.” (HR. Al-Bukhari).

Tentang Ali, Imam Ahcmad berkata, “Tidak diriwayatkan dari salah seorang sahabat tentang fadlilah yang diriwayatkan dari Ali.”

Ia memangku jabatan sebagai khalifah tahun 35 H setelah kematian ustman di tangan para pemberontak.

Ali pernah mengatakan, “Takwa adalah rasa takut kepada Yang Maha Luhur; mengamalkan Al-Qur’an; rela atas pemberian-Nya yang sedikit; dan mempersiapkan bekal untuk hari akhir.”

Ia juga pernah mengatakan, “berbicaralah kepada orang lain sesuai dengan kadar/tingkat pengetahuan mereka. Apakah kamu ingin ia mendustakan Allah dan Rasul-Nya?”

Ia meriwayatkan 586 hadits dari Nabi. Di antaranya, ia berkata, “Pada saat perang Al-Ahzab, Rasulullah mengatakan, “Allah memenuhi rumah dan kuburan mereka dengan api. Mereka telah melalaikan kita untuk menunaikan shalat ‘ashar hingga mentari terbenam.” (HR. Al-Bukhari).

Ia meninggal di Kufah saat ia sedang keluar rumah untuk menunaikan shalat subuh pada tanggal 17 Ramadhan 40 H dalam usia 63 tahun. Ia meninggal akibat tebasan pedang Abdurrahman ibn Muljam, salah seorang tokoh khawarij.


Actions

Information

2 responses

5 09 2010
Alkaromainy

quote: “Ia mengaku jabatan sebagai khalifah tahun 35 H setelah kematian Dustman di tangan para pemberontak. Di cincinnya tertulis cap “Allah Al-Malik.””

pak, mohon maaf, ad yg janggal dengan paragraf diatas: mengaku, Dsutman, sm di cincinnya, nya siapa, Ali, Dustman, apa pemberontak..

trims..

6 09 2010
arifekaprasetya

mf blepotan… mengaku=memangku, Dsutman=Ustman, cincin tak hapus aja dari pd rancu… itu cincinnya Ali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: