Membuat Course Elearning di Moodle

23 05 2010

Moodle logo

Portal elearning kini banyak dikembangkan dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Moodle merupakan salah satu LMS open source yang sangat populer. Moodle dapat dengan mudah dipakai untuk mengembangkan portal sistem e-learning. Dengan Moodle, portal e-learning dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Beberapa contoh portal elearning yang dikembangkan dengan LMS Moodle adalah http://besmart.uny.ac.id, http://elearning-jogja.org dan http://elearning-diy.org.

Petunjuk pengembangan course dalam portal e-learning http://elearning-jogja.org akan dijelaskan dalam dua tulisan ini. Dalam tulisan pertama akan dijelaskan berturut-turut: pendaftaran sebagai pengguna baru, mengubah profil pribadi, mengubah setting course, memasukkan materi pembelajaran. Sedangkan pada tulisan kedua akan dibahas: membuat tugas, membuat quiz, membuat forum dan chat.

Download disini :

———————————————————————————————————————————————————-

*) Referensi : Blog Mr. Herman Surjono, Ph.D.


Actions

Information

2 responses

13 04 2011
Didin Wahyudin

saya ingin menampilkan program moodle di blog..
bagaimana cara memasang moodle d blogger…
trims…

14 04 2011
arifekaprasetya

Moodle itu LMS, sama seperti website ataupun blog, tetapi isinya adalah manajemen pembelajaran. Karena di blogger hanya bisa untuk blogger saja dan tidak bisa untuk upload script web lain, maka blogger dan moodle pasti terpisah hostingnya. Oleh karena itu, saya sarankan pak didin berkunjung ke http://www.freewebhostingarea.com/ untuk mendapatkan hosting domain gratis disana. Disana juga sudah disediakan CPANEL yang ada fantastico-nya (auto installer web) yang dapat kita gunakan untuk meng-install moodle secara otomatis.
Nah, kalau moodle-nya sudah jadi, baru dalam blog diberikan menu yang isinya link ke alamat web berisi moodle yang telah di instal tadi.
Sebenarnya tidak hanya di http://www.freewebhostingarea.com/ saja yang bisa dipakai untuk instalasi moodle secara gratis, tetapi bisa juga menggunakan fasilitas hosting domain gratis yang lain. contohnya http://ninehub.com/
Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: