Taksonomi Bloom Versi Revisi

27 06 2016

Untuk lebih mempermudah dalam memahami Taksonomi Tujuan Pendidikan ranah kognitif versi revisi, sebaiknya kita menengok ulang versi yang asli. Dengan begitu, kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan antara keduanya. Selain itu, kita juga dapat memahami bagian mana dari versi asli yang telah direvisi sehingga kita dapat menjelaskan kelebihan Taksonomi Bloom versi revisi.

A. TAKSONOMI BLOOM – VERSI ASLI

Taksonomi tujuan pendidikan ranah kognitif yang asli mencakup 6 kategori, yaitu:

  1. Knowledge ( Ingatan/Pengetahuan)
  2. Comprehension (Pemahaman)
  3. Application (Aplikasi)
  4. Analysis (Analisis)
  5. Synthesis (Sintesis)
  6. Evaluation (Evaluasi)

Masing-masing kategori tersebut dijabarkan menjadi subkategori (kecuali aplikasi) sebagai berikut;

1. Knowledge ( Ingatan/Pengetahuan)

1.1.   Pengetahuan spesifik

1.1.1. Pengetahuan tentang terminologi (istilah)

1.1.2. Pengetahuan tentang fakta spesifik

 1.2.  Pengetahuan tentang cara dan alat yang spesifik

1.2.1. Pengetahuan tentang  konvensi (kesepakatan)

1.2.2. Pengetahuan tentang  kecenderungan dan urutan

1.2.3. Pengetahuan tentang  klasifikasi dan kategori

1.2.4. Pengetahuan tentang  kriteria

1.2.5. Pengetahuan tentang  metodologi

 1.3.   Pengetahuan tentang universal dan abstraksi

1.3.1. Pengetahuan tentang  prinsip dan generalisasi

1.3.2. Pengetahuan tentang  teori dan struktur

2. Comprehension (Pemahaman)

2.1. Translasi

2.2. Interpretasi

2.3. Ekstrapolasi

3.  Application (Aplikasi)

4. Analysis (Analisis)

4.1.  Analysis of elements

4.2.  Analysis of relationships

4.3.  Analysis of organizational principles

5. Synthesis (Sintesis)

5.1. Produksi komunikasi yang unik

5.2. Produksi rencana atau usulan kegiatan

5.3. Derivasi rangkaian yang abstrak

6. Evaluation (Evaluasi)

6.1. Evaluasi berdasar bukti internal

6.2. Keputusan berdasar kriteria eksternal

B. TAKSONOMI BLOOM – VERSI TEREVISI

Perubahan atau revisi Taksonomi Bloom adalah sebagai berikut:

  1. Kategori pertama, pengetahuan, diganti dengan “Mengingat”.
  2. Kategori kedua, pemahaman, diganti dengan “Mengerti/Memahami”.
  3. Aplikasi, Analisis, dan Evaluasi tetap digunakan tetapi diganti dengan kata kerja menjadi “Mengaplikasi”, “Menganalisis”, dan “Mengevaluasi”.
  4. Sintesis diganti dengan “Mencipta/Mengkreasi” dan berada pada urutan terakhir menggantikan posisi “mengevaluasi”.

Jadi jumlah kategori taksonomi Bloom terevisi tetap 6, yaitu:

  1. Mengingat (Remember)
  2. Mengerti/Memahami (Understand)
  3. Mengaplikasi (Apply)
  4. Menganalisis (Analyze)
  5. Mengevaluasi (Evaluate)
  6. Mencipta/Mengkreasi (Create)

Masing-masing kategori Dimensi Proses Kognitif pada Taksonomi Bloom yang telah direvisi tersebut dijabarkan menjadi subkategori sebagai berikut.

1. Remember – Retrieving relevant knowledge from long-term memory.

1.1 Recognizing (Mengenal)

1.2 Recalling (Mengingat kembali)

 2. Understand – Determining the meaning of instructional messages, including oral, written, and graphic communication.

2.1 Interpreting (Menginterpretasi, Mengklarifikasi, memparafrase)

2.2 Exemplifying (Memberi contoh atau ilustrasi konsep/prinsip)

2.3 Classifying (Mengklasifikasi, mengkategorisasi)

2.4 Summarizing (Meringkas, menggeneralisasi)

2.5 Inferring (Menginferensi, menyimpulkan)

2.6 Comparing (Membandingkan, mengkontraskan)

2.7 Explaining (Menjelaskan, mengkonstruk model sebab-akibat)

 3. Apply Carrying out or using a procedure in a given situation.

3.1 Executing (Melakukan/Melaksanakan)

3.2 Implementing (Mengimplementasi, Menerapkan)

4. Analyze Breaking material into its constituent parts and detecting how the parts relate to one another and to an overall structure or purpose.

4.1 Differentiating (Membedakan, Memilih, Memfokuskan)

4.2 Organizing (Mengorganisasi, Mengintegrasi, Membuat outline)

4.3 Attributing (Menghubungkan, Menentukan sudut pandang

5. Evaluate – Making judgments based on criteria and standards.

5.1 Checking (Mengecek, Menguji, Mendeteksi)

5.2 Critiquing (Mengkritik, Memutuskan)

 6. Create Putting elements together to form a novel, coherent whole or make an original product.

6.1 Generating (Membangkitkan, Menghasilkan)

6.2 Planning (Merencanakan, Mendesain)

6.3 Producing (Memproduksi, Membuat)

 

Struktur Dimensi Pengetahuan pada Taksonomi yang telah direvisi   adalah sebagai berikut.

1. Factual Knowledge (Pengetahuan Faktual)

1 a.   Knowledge of terminology (Pengetahuan tentang terminologi /istilah)

1 b. Knowledge of specific details and elements (Pengetahuan tentang fakta spesifik)

 2. Conceptual Knowledge (Pengetahuan Konseptual)

2 a.   Knowledge of classifications and categories (Pengetahuan tentang  klasifikasi dan kategori)

2 b. Knowledge of principles and generalizations (Pengetahuan tentang  prinsip dan generalisasi)

2 c.   Knowledge of theories, models, and structures (Pengetahuan tentang  teori, model, dan struktur)

 3. Procedural Knowledge How to do something; methods of inquiry, and criteria for using skills, algorithms, techniques, and methods.

3 a. Knowledge of subject-specific skills and algorithms (Pengetahuan keterampilan spesifik dan algoritma)

3 b. Knowledge of subject-specific techniques and methods (Pengetahuan teknik dan metode spesifik: Teknik Interviu, Metode ilmiah)

3 c. Knowledge of criteria for determining when to use appro-priate procedures (Pengetahuan tentang kriteria untuk menentukan kapan menggunakan prosedur yang sesuai)

 4. Metacognitive Knowledge – Knowledge of cognition in general as well as awareness and knowledge of one’s own cognition.

4a.    Strategic knowledge (Pengetahuan strategis: Pengetahuan tentang membuat bagan/skema sebagai alat bantu memahami struktur materi buku teks)

4b. Knowledge about cognitive tasks, including appropriate contextual and conditional knowledge (Pengetahuan tentang tugas kognitif, termasuk pengetahuan kontekstual dan kondisional yang sesuai)

4c.    Self-knowledge (Pengetahuan diri: Kesadaran tentang tingkat pengetahuan diri sendiri)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: