Program Guru Pembelajar

28 06 2016

Jumat, 17 Juni 2016 saya mendapatkan undangan berupa email dari Kemendikbud melalui LPPPTK KPTK Gowa Sulawesi Selatan sebagai panitia yang menyelenggarakan Pelatihan Instruktur Nasional/Mentor Program Guru Pembelajar. Isi dari undangan tersebut mengundang by name calon Instruktur Nasional untuk program Guru Pembelajar. Terus terang, awalnya sangat berat untuk mendatangi undangan ini, namun Bapak Kepala Sekolah memberi saran agar mendatangi undangan ini, jangan sampai sekolah jadi korban, akhirnya saya yang berkorban… :-P  . Bagaimana tidak berkorban, 10 hari pada bulan ramadhan saya harus meninggalkan anak-anak dan istri dirumah, ini menjadi hal yang sangat berat. Tetapi semoga (bi idznillah) tugas ini memberikan manfaat bagi diri sendiri dan sesama guru di dunia pendidikan. Pelatihan calon IN ini dilaksanakan tanggal 21 s.d. 30 Juni 2016 di P4TK TK dan PLB Jawa Barat. Alhamdulillah sampai tulisan ini ditulis masih menikmati kegiatan yang masih berjalan.

 

program GP

 

Berikut latar belakang mengapa program Guru Pembelajar ini dilaksanakan:

Guru sebagai pendidik pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan peserta didik sehingga menjadi determinan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Pentingnya peranan guru dalam pendidikan diamanatkan dalam Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi guru sebagai aktualisasi dari profesi pendidik.
Untuk merealisasikan amanah undang-undang sebagaimana dimaksud, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar bagi semua guru, baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Untuk melaksanakan program tersebut, pemetaan kompetensi telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) di seluruh Indonesia sehingga dapat diketahui kondisi objektif guru saat ini dan kebutuhan peningkatan kompetensinya. Data guru peserta UKG tahun 2015 sebagaimana tercantum dalam tabel berikut.

data UKGHasil UKG pada tahun 2015 menunjukkan nilai rata-rata nasional yang dicapai adalah 56,69, meningkat dibandingkan nilai rata-rata nasional dari tahun-tahun sebelumnya yaitu 47, dan sudah melampui target capaian nilai rata-rata nasional tahun 2015 yang ditetapkan dalam renstra Kemdikbud yaitu sebesar 55. Walaupun demikian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) berusaha lebih keras agar dapat mengejar target yang ditetapkan pada tahun 2016 yaitu 65. Untuk itu Ditjen GTK mengembangkan program berdasarkan hasil UKG 2015 yang disebut dengan Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar.

Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar adalah upaya peningkatan kompetensi guru yang melibatkan Pemerintah serta partisipasi publik yang meliputi pemerintah daerah, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia usaha dan dunia industri, organisasi kemasyarakatan, serta orangtua siswa. Bentuk pelibatan publik dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti memberikan dukungan bagi terselenggaranya Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar, baik dalam moda tatap muka, dalam jaringan (daring), maupun daring kombinasi.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: