Seputar Akreditasi 2017; Permendikbud Nomer 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2016

2 03 2017

Pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan sejumlah peraturan baru, yaitu permendikbud No. 20, 21, 22, dan 23 tahun 2016. Peraturan baru ini menjadi dasar yuridis diberlakukannya kurikulum 2013. Peraturan baru ini sebagai upaya pemerintah dalam melakukan standarisasi Pendidikan Nasional tentunya untuk mendukung kurikulum yang baru. Tentu saja permendikbud ini akan digunakan sebagai dasar panduan Akreditasi sekolah.

Berikut permendikbud baru tersebut:

  1. Permendikbud No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
    Dengan berlakunya peraturan baru ini, maka Permendikbud No. 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
    Permendikbud ini menjadi acuan baru untuk pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.
  2. Permendikbud No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah 
    Dengan berlakunya peraturan baru ini, maka Permendikbud No. 64 Tahun 2013 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.  Permendikbud ini memuat Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti sesuai dengan jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Inti meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan ketrampilan. Ruang lingkup materi yang spesifik untuk setiap mata pelajaran dirumuskan berdasarkan Tingkat Kompetensi dan Kompetensi Inti untuk mencapai kompetensi lulusan minimal pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
  3. Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Dengan diberlakukannya aturan baru ini maka Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Permendikbud ini berisi tata pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan satuan pendidikan dasar menengah untuk mencapai kompetensi lulusan.
  4. Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
    Dengan diberlakukannya baru ini, maka Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan dan Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
    Peraturan baru ini berisi kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
  5. Permendikbud No. 24 Tahun 2016 berisi tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013

Download Permendikbud No. 20, 21, 22, 23 dan 24 Tahun 2016

 


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: